SEJARAH BADAN USAHA


Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok didirikan pada Tahun 1979 berdasarkan  Akta Pendirian Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok yang disahkan oleh Kanwil Koperasi DKI Jakarta Nomor: 1314/BH/I Tanggal 28 Nopember 1979 dan telah dilakukan beberapa kali perubahan dengan perubahan terkahir Nomor: 945 tanggal 26 Februari 2018 dibuat dihadapan Muhammad Taufiq, S.H., M.Kn, Notaris di Jakarta sebagaimana disyahkan kembali oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 000571/PAD/M.KUM.2/III/2018.

Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok didirikan dengan maksud menjadi salah satu organ penopang dalam membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi dan sosial Anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial, yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi kualitas kehidupan Anggota, masyarakat, bangsa dan negara.

Anggota Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok adalah Warga Negara Republik Indonesia yang menjadi Pegawai PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II, Anak Perusahaan dan Afiliasinya, serta Karyawan Organik Kopegmar Tanjung Priok.

Sejak didirikan, Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok telah merintis dan mengembangkan beberapa unit usaha untuk menopang kesejahteraan Anggotanya antara lain : Simpan Pinjam, Jasa Tenaga Kerja, Penambangan Batu dan Rupa-rupa Usaha.

Di dalam perkembangnnya Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok dituntut pihak pengguna jasa dan Anggota agar secara mandiri dan fokus dalam mengelola secara profesional pada unit usaha yang diinginkan oleh pengguna jasa.

Untuk itu dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan pihak pengguna jasa dan Anggota tersebut, maka Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar) Tanjung Priok membentuk badan usaha (Perseroan Terbatas) dalam rangka pengembangan usaha sekaligus memenuhi persyaratan administrasi, yaitu :

1. PT. Kopegmar Mandiri

Perusahaan ini mulai beroperasi penuh mulai tahun 2015 dengan bidang utama usaha penyediaan tenaga kerja dan marine supply

2. PT. Jasa Trans Utama

PT. Jasa Trans Utama merupakan anak perusahaan Kopegmar Tanjung Priok yang bergerak di bidang tour and travel yang meliputi jasa ticketing dan event organizer.

3. PT. Daya Utama Bersama

PT. Daya Utama Bersama didirikan pada bulan Oktober 2017 dan akan mulai beroperasi penuh mulai Januari 2018. Perusahaan ini fokus dibidang jasa konsultasi manajemen dan penyediaan tenaga kerja.

4. PT. Cempaka Utama Bersama

PT. Cempaka Utama Bersama adalah anak perusahaan Kopegmar Tanjung Priok yang fokus bergerak di bidang utama jual beli dan persewaan otomotif.

5. PT. Berjaya Teknik Bersama

PT. Berjaya Teknik Bersama adalah Anak Perusahaan Kopegmar Tanjung Priok yang bergerak dan fokus utama di bidang Enginering dan Sipil.

  

PROFIL BADAN USAHA


-

VISI MISI


Visi 

Menjadi Koperasi yang Profesional, Mandiri, Tumbuh dan Mensejahterakan Anggota.

Misi 

Menjalankan kegiatan usaha secara profesional
Meningkatkan modal kerja untuk kesinambungan usaha dan memberikan pelayanan terbaik kepada Anggota
Mendorong Anggota ikut serta mengembangkan usaha koperasi untuk kesejahteraan Anggota

STRUKTUR ORGANISASI


-

ANGGARAN


-

DIVISI


DIVISI USAHA

A. Divisi Simpan Pinjam

Kopegmar Tanjung Priok menyelenggarakan pengelolaan atas dana anggota dan sumber-sumber lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan Anggota melalui fasilitas simpan pinjam. Setiap Anggota dikenakan simpanan poko, simpanan wajib dan simpanan sukarela yang besarannya seuai dengan kemampuan dan kelas jabatan Anggotanya.

B. Divisi Bisnis

Divisi Bisnis memiliki beberapa Unit Usaha, yaitu :

1. Unit Jasa Tenaga Kerja

Usaha ini menyelenggarakan kegiatan di bidang penyediaan tenaga kerja yang ditujukan untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan adminstrasi SDM, keuangan, operasional, sekretaris, pengoperasian alat berat/ringan, sopir, cleaning service, security, dokumentasi dan lain sebagainya. Status dari tenaga kerja tersebut adalah tenaga kerja kontrak yang ditempatkan di lingkungan pengguna jasa Kopegmar Tanjung Priok.

2. Unit Rupa-Rupa Usaha

Unit Bisnis Rupa-Rupa Usaha merupakan hasil elaborasi antara Unit Bisnis Pengadaan Pemborongan dan Aneka Usaha. Unit Rupa-rupa Usaha ini menyelenggarakan kegiatan di bidang jasa pemborongan pekerjaan sipil, listrik, penyewaan kendaraan darat, pertamanan & pemeliharaannya serta pemborongan lainnya. Unit Usaha ini juga bertanggung jawab atas pengelolaan rumah susun TKBM di Cilincing Jakarta Utara sehingga kepentingan pemilik dan penghuni dapat terpenuhi termasuk didalamnya menjamin terpeliharanya bangunan & fasilitas rumah susun, menjaga kebersihan, kenyamanan, keamanan dan ketertiban sebanyak 4 blok atau 756 ruang tempat tinggal.

3. Unit Penambangan Batu

Unit ini telah memiliki ijin dan konsesi untuk menambang batu di wilayah Bojoneara sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Banten Nomor: 570/16/IUP.OP-DPMPTSP/V/2017 tanggal 26 Mei 2017 tentang Pemberian Perpanjangan Ke Satu izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Komuditas Tambang Batuan Kepada Kopegmar Tanjung Priok. Dalam pengoperasiannya Kopegmar Tanjung Priok bekerja sama dengan Pelabuhan Cabang Banten dan mitra usaha.

C. Divisi Billing & Marketing

Divisi Billing dan Marketing merupakan hasil evaluasi struktur organisasi Kopegmar Tanjung Priok. Dengan membentuk Billing & Marketing, isu strategis cashflow dapat diminimalisir dengan cara melakukan integrasi sistem penagihan seluruh unit bisnis, mengevaluasi dan mempelajari prosedur penagihan di user, sehingga dapat lebih fokus dalam mengejar piutang usaha. Dan digabungkan dengan fungsi strategic marketing dalam rangka menagkap potensi bisnis dan peluang di internal maupun eksternal Pelindo Group; Road Show secara periodik ke unit-unit kerja untuk maintenance usaha yang ada maupun peningkatan usaha ; peningkatan Brand Image Kopegmar Tanjung Priok dan Anak Perusahaan di lingkungan IPC Group maupun di luar IPC Group; serta Maintenance proses tagihan tidak lebih dari 2 bulan secara rata-rata.

D. Divisi Development Anak Perusahaan

Dengan kebijakan pengalihan beberapa jenis usaha kepada anak perusahaan, maka anak perusahaan Kopegmar Tanjung Priok dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai fokus bidang usaha masing-masing dan dapat ikut serta dalam persaingan usaha secara luas.

Sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan terhadap kegiatan usaha anak perusahaan tersebut, Pengurus Kopegmar Tanjung Priok tetap melakukan kontrol dan pemeriksaan internal melalui Divisi Pengembangan Anak Usaha. Penetrasi anak perusahaan dilakukan dengan menciptakan usaha baru sesuai bidang usaha dan akuisisi secara horizontal maupun vertikal

Untitled Document
01

DownloadFormulir

Unduh formulir untuk melakukan pengajuan pinjaman

02

SimulasiKredit

Besaran pinjaman, jangka waktu pinjaman dan besaran angsuran

03

SimpanPinjam

Jangka Panjang, Jangka Pendek, Kredit Kendaraan, Barang dll

Untitled Document